Kamis, 27 Mei 2010

Tips Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan

Mengembangkan ketrampilan kepemimpinan atau leadership skills yang bagus adalah salah satu faktor kunci keberhasilan organisasi. Jika kita memiliki mutu leadership yang bagus pada setiap level organisasi, maka kita bisa mengembangkan kinerja organisasi kita secara optimal. Sebaliknya, jika kualitas kepemimpinan para manajer atau supervisor di perusahaan kita tidak begitu bagus, maka tentu kinerja perusahaan akan ikut terpengaruh secara siginifikan
Lalu aspek apa saja yang mesti dimiliki untuk menjadi leaders yang bagus? 
Aspek apa saja yang diperlukan untuk membangun mutu kepemimpinan yang bagus dan leadership skills yang oke? 


Berikut ini adalah sejumlah aspek kunci yang perlu dicermati manakala kita hendak membangun leadership skills yang optimal.




Untuk menjadi pemimpin yang unggul dan memiliki kapasitas kepemimpinan yang bagus maka seorang calon pemipin harus memiliki sejumlah bekal. Yang pertama, pemimpin yang unggul harus memiliki drive atau dorongan untuk bertindak meraih hasil, serta mampu menginspirasi anggotanya untuk juga bertindak. Pemimpin yang unggul juga mesti memiliki keinginan yang kuat untuk mempengaruhi dan memimpin yang lainnya, mereka menunjukkan kemampuan untuk mengambil tanggung jawab.




Selain itu, kepemimpinan yang unggul mampu menunjukkan integritas moral yang kokoh dan layak diteladani. Keemimpinan yang unggul juga diharuskan memiliki rasa percaya diri yang kuat, dan mampu meradiasikan self confidence ini kepada para anak buahnya. Pada akhirnya, kepemimpinan yang unggul memiliki kecerdasan, mampu mengolah beragam informasi dan menganalisanya guna mengambil keputusan secara tepat. Selanjutnya, kepemimpinan yang unggul juga memiliki pengetahuan yang relevan dengan bidang tugas yang digelutinya
Tips untuk Menjadi Pemimpin yang Disegani.
Berikut ini akan disampaikan sejumlah tips untuk bisa mengembangkan mutu kepemipinan yang bagus.


• Salah satu cara yang layak dilakukan adalah dengan melakukan “team fun activity” secara reguler dimana setiap orang bisa menjalin kebersamaan secara informal dan “fun”
• Terbuka untuk konsultasi dengan karyawan jika terjadi permasalahan, tetapi jangan terlalu mengatur.
• Jadikan pedoman bahwa kapanpun karyawan membawa permasalahannya kepada anda, maka mereka juga mesti membawa setidaknya satu alternatif solusi
• Jadilah suara untuk team anda di hadapan manajemen.
• Berikan penghargaan bagi team anda untuk setiap pencapaian dan pastikan bahwa sukses tim ini diketahui oleh pihak manajemen
• Temukan apa yang diperoleh dari cara mereka mengerjakan hal yang terbaik.
• Jadikan proses delegasi sebagai media pembelajaran.
• Bangunlah pembicaraan informal dengan setiap anggota tim jika ada kesempatan
• Sapalah karyawan dengan memanggil namanya ketika anda bertemu pertama kali setiap pagi
• Berfikirlah positif, berikan harapan yang kuat.





    • setelah baca artikel ini jangan lupa meninggalkan komentarnya serta di mohon  kesediaanya untuk bergabung dengan  Page Qboet Blogs
      ON twitter dan Facebook , 
      cukup klik linknya saja dan anda Follow / Like 
      Terimakasih.

      SEMOGA BERMANFAAT,
    Best Regards.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan bertanggung jawab