Selasa, 03 Agustus 2010

OUTBOND




Rutinitas pekerjaan yang cukup padat di kantor sering membuat satu sama lain tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Hal ini tentu saja akan berpengaruh dengan kekompakan dalam bekerjasama sehingga target yang dituju tidak akan terpenuhi. Kekompakkan kerjasama dalam team tidak mudah ditumbuhkan.
Salah satu jalan keluar yang mungkin bisa dilakukan manajemen kantor untuk merangsang kekompakan tim dalam lebih mengenal satu sama lainnya adalah outbound. Selain bisa merangsang kekompakan dan keeratan satu sama lain, kegiatan yang dilakukan outdoor ini juga bisa untuk refreshing. Outbound juga dilakukan untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang sehat dan memacu kreatifitas serta prestasi para pegawainya.
Pada dasarnya semua fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan dalam program outbound ini adalah sama. Alam terbuka menjadi ruangan belajar yang dikondisikan untuk membuat orang terpacu untuk lebih kreatif dan bekerjasama. Sifat asli setiap orang juga akan terlihat jelas bila mereka berada di alam terbuka dan dalam keadaan terdesak. Dengan beragam pilihan kegiatan di alam ini, para peserta diharapkan dapat menyesuaikan diri antara satu dengan yang lainnya. Mungkin anda ingin mengetahui rahasia apa yang tersimpan di balik kegiatan outbound, simak berikut ini.
Bersepeda. Melakukan bersepeda tidak hanya fun bike atau sekedar berkeliling di ibukota saja, tetapi juga bisa dilakukan di gunung. Untuk melakukan bersepeda dibutuhkan kondisi tubuh yang fit dan patuhi serta peka terhadap petunjuk. Mengukur kekuatan sendiri dan kemampuan merekam sinyal-sinyal atau petunjuk membuat anda akan lebih fokus dalam menghadapi masalah.
Backpacking. Perjalanan hanya dengan membawa ransel di punggung akan menguji kemampuan bertahan hidup serta mengasah kreatifitas agar bisa bertahan hanya dengan barang yang dibawa. Tantangan dari outbound ini terletak pada jumlah barang yang dibawa agar tetap nyaman selama perjalanan. Kegiatan ini mengajarkan anda untuk memperhatikan petunjuk, arah dan kemampuan diri dalam survival.
Ber-outbound dengan Kano memang menyenangkan tapi cukup melelahkan karena dibutuhkan stamina yang prima. Kegiatan ini akan mengajarkan bagaimana cara mengayuh secara kompak dengan memperhatikan gerakan tim lainnya. Tujuan yang sama namun dengan kayuh yang berbeda atau tidak kompak akan menggagalkan tujuan. Olahraga ini merupakan gambaran betapa perlunya tujuan dan kekompakan dalam tim.
Panjat tebing. Kegiatan ini sudah masuk pada tahap yang lebih sulit lagi. Instruksi yang detail mengenai tata cara mendaki yang benar dan tantangan yang luar biasa besar akan menguji keahlian dan ketelitian anda. Tidak hanya kemamuan pribadi yang diuji, tetapi juga sifat setia kawan atau solidaritas anda pun diuji. Karena dalam panjat tebing, tali penahan tubuh akan saling terkait satu dengan lainnya. Jadi jika satu orang terpeleset dan jatuh, yang lain akan menahan dengan tali yang terkait pada tubuhnya. Seru tapi membahayakan juga loh.
Arung Jeram. Dengan olahraga ini, secara tidak langsung mengajarkan betapa pentingnya kekompakan dan saling membantu. Seperti halnya panjat tebing yang tali penahan tubuhnya saling berkaitan dengan rekan anda. Tapi pada arung jeram malah lebih ketat lagi karena keselamatan seluruh awak tergantung pada kekompakan tim tersebut. Tertarik untuk melakukan outbound, cobalah ajukan kepada pihak managemen kantor anda.




    • setelah baca artikel ini di mohon kesediaanya untuk bergabung dengan  Page Qboet Blogs
      ON twitter dan Facebook , 
      cukup klik linknya saja dan anda Follow / Like 
      Terimakasih.

      SEMOGA BERMANFAAT,
    Best Regards.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan bertanggung jawab